Sejumlah UMKM Binaan PT Pertamina Ikut Serta dalam Ajang Pameran Interior dan Craft 2023

Avatar photo

- Pewarta

Senin, 10 April 2023 - 11:41 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pertamina dukung UMKM lewat ajang ICRAFT 2023. (Dok. Pertamina.com/)

Pertamina dukung UMKM lewat ajang ICRAFT 2023. (Dok. Pertamina.com/)

INFOBUMN.COM – PT Pertamina (Persero) mendukung perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia lewat ajang pameran Interior dan Craft (ICRAFT) 2023, yang digelar di Jakarta pada 5-9 April 2023.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, mengatakan dalam ajang ini, UMKM binaan yakni Faiza Bordir, Haluan Bali, Batik Muria, Kraton Leather, Rumah BUMN (RB) Klungkung dan RB Palangka Raya turut memamerkan produk-produk unggulan.

“Kehadiran ICRAFT 2023 merupakan momentum kebangkitan kriya Indonesia dalam era ekonomi digital, sekaligus sebagai upaya memperluas akses pasar,” katanya.

Dengan mengusung tema “Kriya Indonesia Dalam Era Ekonomi Digital”, kegiatan ini diharapkan membuat para UMKM semakin mengembangkan sistem digitalisasi pemasaran agar dapat meningkatkan profit penjualan serta memasarkan produk ke pasar internasional.

Baca artikel penting lainnya di media online Halloupdate.com – salah satu portal berita terbaik di Indonesia.

Menurut Fadjar, UMKM dituntut melakukan inovasi produk serta mengimbangi pemasaran konvensional secara dalam jaringan (daring).

“Tentunya juga terus mengikuti perkembangan era digital ini di mana branding dan pemasaran secara online menjadi hal yang krusial,” katanya.

Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk terus berkembang, salah satunya melalui pemanfaatan sosial media.

“Selain biaya murah dan tidak harus memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu meraih konsumen secara luas,” ujarnya.

Fadjar mengatakan Pertamina juga memiliki marketplace smexpo.pertamina.com sebagai wadah pemasaran digital produk mitra binaan, yang bisa diakses secara umum.

UMKM binaan Pertamina, Batik Muria mengaku tampil di ICRAFT saat momen Ramadhan ini menjadi penyemangat untuk mempromosikan produk batik tulis khas Kudus sebagai karya seni tradisional yang menyampaikan pesan-pesan sejarah Islam.

“Beberapa motif batik bercerita tentang kisah penyebaran agama Islam oleh para sunan, Masjid Menara Kudus, atau motif Bulusan yang mengisahkan teguran Sunan Muria kepada sekelompok petani yang masih bercocok tanam saat Shalat Maghrib tiba,” jelas Dimas Andre Santoso, pemilik Batik Muria.

UMKM binaan Pertamina lainnya, Kraton Leather memamerkan produk kerajinan kulit yang dibuat sendiri (homemade) dengan desain dan model sesuai keinginan konsumen (custom).

Lalu, Haluan Bali menghasilkan produk fesyen digital printing yang unik dan fashionable serta Faiza Bordir dengan kain bordir dan home dekor khas Pasuruan.

Rumah BUMN Klungkung, yang berasal dari enam UMKM terbaik asal Klungkung, Bali, menyajikan aromaterapi milik Bali Ayu, kerajinan goni dari Uwais Craft, kain tenun endek dari pertenunan Astini, pounch endek dari Kemala Handmade, serta UMKM Kipas Lukis dan Sripala yang menghadirkan aneka produk fesyen.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Serta, Rumah BUMN Palangka Raya hadir dengan produk aksesoris berbahan baku batu alam dari UMKM Omah Mus dan Rina Saderi Jewelry, serta kerajinan rotan milik Indang Apang Galeri.

Fadjar menambahkan pameran ini juga dukungan Pertamina bagi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) dan bagian dari environtmental, social, and governance (ESG).

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Ke depannya, Pertamina akan makin aktif mendorong pertumbuhan bisnis UMKM agar menjadi kebanggaan Indonesia.

“Setelah mengikuti pameran, diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan pasar produk-produk karya anak bangsa, terlebih kriya yang merupakan produk UMKM, yang tergolong memiliki potensi bisnis sangat positif baik dalam maupun luar negeri,” ujarnya.***

Investor yang serius bisa mendapatkan 100% kepemilikan media online dengan nama domain super cantik ini. Silahkan ajukan penawaran harganya secara langsung kepada owner media ini lewat WhatsApp: 08557777888.

Berita Terkait

PT Semen Indonesia Tbk Berdayakan 110 UMKM Lewat Program Hampers Berkah UMKM Rembang
Doremindo Agency (DO’A) Tetap Setia Melayani Jasa Pasang Iklan di Koran dan Media Cetak
BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR: Jalan Sukses bagi 500 Pelaku UMKM Terpilih
APINDO UMKM Merdeka Festival: Mendorong UMKM Indonesia Perluas Peluang Bisnis
PT Timah Tbk Kucurkan Dana Rp2 Miliar untuk Bantu Modal Mitra UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Kredit Usaha Menengan Kecil dan Mikro BRI Terus Tumbuh hingga Capai Rp989,6 Triliun
Dukung UMKM Naik Kelas dengan Sertifikasi TKDN, BRI Gandeng Dekranas dan Kementerian BUMN
BUMN dan Himpunan Bank Milik Negara Fokus pada Pembiayaan, Erick Thohir: Dorong UMKM Go Global
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Kamis, 23 Mei 2024 - 22:04 WIB

Penandatanganan Swakelola PSKK oleh BNSP di Jogja, Langkah Penting untuk Sertifikasi

Selasa, 21 Mei 2024 - 07:30 WIB

7 Pejabat Kementan Jadi Saksi untuk SYL, Kasdi, dan Hatta Terkait Kasus Pemerasan dan Gatifikasi di Kementan

Senin, 20 Mei 2024 - 15:11 WIB

Momen Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan CEO SpaceX Elon Musk Bertemu di Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 14:28 WIB

Jokowi Perkenalkan Prabowo Subianto sebagai Presiden Terpilih di 10th World Water Forum 2024 Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 10:03 WIB

Sempat Jadi Komisaris BUMN PT Petrokimia Gresik, Ini Profil Anggota DPR Indira Chunda Thita Syahrul

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:46 WIB

KPK Periksa Head of Finance PT KB Valbury Sekuritas, Terkait Korupsi Bermodus Invstasi Fiktif di PT Taspen

Jumat, 17 Mei 2024 - 13:27 WIB

Sosialisasi Indonesia Kompeten: Langkah Awal Menuju Indonesia Emas

Kamis, 16 Mei 2024 - 14:49 WIB

Sandra Dewi Bungkam Usai Jadi Saksi Kasus Korupsi Timah, Diperiksa Kejaksaan Agung Lebih dari 10 Jam

Berita Terbaru