Dukung UMKM Naik Kelas dengan Sertifikasi TKDN, BRI Gandeng Dekranas dan Kementerian BUMN

Avatar photo

- Pewarta

Kamis, 11 Mei 2023 - 08:46 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BRI Gandeng Dekranas dan Kemterian BUMN. (Dok. Bank BRI )

BRI Gandeng Dekranas dan Kemterian BUMN. (Dok. Bank BRI )

INFOBUMN.COM – Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-43 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pada 9 Mei 2023, Dekranas bersama Kementerian BUMN menggelar pelatihan Sertifikasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dan dukungan permodalan bagi Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Acara ini bertujuan untuk membuka kesempatan UMKM agar dapat terus meningkatkan dan mengembangkan kompetensinya untuk pengembangan usaha agar dapat terus naik kelas.

Untuk memeriahkan dan berpartisipasi dalam acara tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI turut memberi dukungan terbaik.

Dalam acara yang berlangsung di Sky Lounge Menara BRILiaN, Jakarta ini, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan bahwa peran UMKM yang semakin penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat perlu mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak.

“Dukungan terhadap kegiatan ini diperlukan guna menjaga optimisme para pelaku UMKM yang merupakan mayoritas pelaku usaha di Indonesia, sehingga mendorong semakin kuatnya konsumsi domestik yang menjadi driver utama pertumbuhan GDP Indonesia.

“Maka kemudian berbagai upaya harus kita arahkan ke penguatan daya beli masyarakat, peningkatan konsumsi, penggunaan produk-produk dalam negeri. Itu yang harus kita dorong supaya benar-benar create job,” ucap Sunarso.

Acara pelatihan ini digelar secara hybrid yang mana sebanyak 105 pelaku UMKM datang langsung ke lokasi, dan 200 pelaku UMKM berpartisipasi secara daring.

Pelatihan terdiri dari dua sesi, di mana sesi I mengangkat tema mengenai Sertifikasi TKDN, sedangkan sesi II para peserta dibekali pengetahuan tentang Dukungan Permodalan bagi UMKM.Turut hadir dalam acara ini istri dari Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin, yang juga selaku Ketua Umum Dekranas, Hj. Wury Ma’ruf Amin; istri dari Menteri BUMN RI Erick Thohir, selaku Ketua Bidang Pendanaan Dekranas Liza Thohir; Direksi tiga BUMN pendukung kegiatan yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Surveyor Indonesia, dan PT Krakatau Steel; serta pengurus Dekranas dan pejabat Kementerian BUMN lainnya.

Liza Thohir mengatakan dengan pelatihan yang mengusung dua tema tersebut cukup relevan dengan concern pemerintah dalam mendorong seluruh pihak untuk mengoptimalkan penggunaan produk-produk lokal.

Untuk itu, dalam mendukung kapasitas produksi maupun usaha UMKM, diperlukan permodalan dan pengelolaan keuangan UMKM secara baik.

“Dengan dimilikinya sertifikat TKDN dalam produk-produk UMKM akan meningkatkan daya saing produk dan memberi potensi yang lebih luas untuk dibeli dan digunakan oleh berbagai potensial buyer.”

‘Insight terkait permodalan bagi UMKM harus dikelola secara bijak agar memberikan hasil yang optimal melalui perencanan keuangan yang baik”, ungkap Liza Thohir.

Pelatihan Sertifikasi TKDN (sesi I) menghadirkan narasumber kompeten dari internal BUMN yang diwakili oleh Section Head Operation PT Surveyor Indonesia Ivan Richardo.

Dilengkapi dengan sharing kisah inspiratif dari pelaku UMKM Andika Kristinawati dan Christian Sugiono yang juga membagikan pengalamannya dalam membangun usaha.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Sementara dalam materi Dukungan Permodalan UMKM (sesi II) menghadirkan VP Micro Sales Management BRI Asep Nugraha dan Perencana Keuangan Prita Ghozie.***

Berita Terkait

PT Semen Indonesia Tbk Berdayakan 110 UMKM Lewat Program Hampers Berkah UMKM Rembang
Doremindo Agency (DO’A) Tetap Setia Melayani Jasa Pasang Iklan di Koran dan Media Cetak
BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR: Jalan Sukses bagi 500 Pelaku UMKM Terpilih
APINDO UMKM Merdeka Festival: Mendorong UMKM Indonesia Perluas Peluang Bisnis
PT Timah Tbk Kucurkan Dana Rp2 Miliar untuk Bantu Modal Mitra UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Kredit Usaha Menengan Kecil dan Mikro BRI Terus Tumbuh hingga Capai Rp989,6 Triliun
BUMN dan Himpunan Bank Milik Negara Fokus pada Pembiayaan, Erick Thohir: Dorong UMKM Go Global
Sejumlah UMKM Binaan PT Pertamina Ikut Serta dalam Ajang Pameran Interior dan Craft 2023
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Kamis, 23 Mei 2024 - 22:04 WIB

Penandatanganan Swakelola PSKK oleh BNSP di Jogja, Langkah Penting untuk Sertifikasi

Selasa, 21 Mei 2024 - 07:30 WIB

7 Pejabat Kementan Jadi Saksi untuk SYL, Kasdi, dan Hatta Terkait Kasus Pemerasan dan Gatifikasi di Kementan

Senin, 20 Mei 2024 - 15:11 WIB

Momen Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan CEO SpaceX Elon Musk Bertemu di Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 14:28 WIB

Jokowi Perkenalkan Prabowo Subianto sebagai Presiden Terpilih di 10th World Water Forum 2024 Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 10:03 WIB

Sempat Jadi Komisaris BUMN PT Petrokimia Gresik, Ini Profil Anggota DPR Indira Chunda Thita Syahrul

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:46 WIB

KPK Periksa Head of Finance PT KB Valbury Sekuritas, Terkait Korupsi Bermodus Invstasi Fiktif di PT Taspen

Jumat, 17 Mei 2024 - 13:27 WIB

Sosialisasi Indonesia Kompeten: Langkah Awal Menuju Indonesia Emas

Kamis, 16 Mei 2024 - 14:49 WIB

Sandra Dewi Bungkam Usai Jadi Saksi Kasus Korupsi Timah, Diperiksa Kejaksaan Agung Lebih dari 10 Jam

Berita Terbaru