APINDO UMKM Merdeka Festival: Mendorong UMKM Indonesia Perluas Peluang Bisnis

Avatar photo

- Pewarta

Sabtu, 29 Juli 2023 - 02:30 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

INFOBUMN.COM – APINDO berkomitmen untuk mendorong para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memperluas peluang bisnis mereka melalui APINDO UMKM Merdeka Festival.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Ketua Bidang UMKM APINDO, Ronald Walla, menyampaikan hal ini dalam acara peluncuran festival yang berlangsung pada Jumat (28/7/2023) di Jakarta.

Festival ini akan berlangsung dari 28 Juli hingga 1 Agustus 2023 di Grand Indonesia dan telah berhasil terpilih 259 UMKM unggulan dari beragam kategori produk dari total 602 UMKM yang mendaftar.

Dalam rincian kategori, 11% merupakan UMKM bidang makanan segar, 7% berada di kategori minuman, 47% kategori bahan makanan, dan 35% berada di kategori fashion, kriya, dan lainnya.

Lebih menarik lagi, dari seluruh UMKM yang mengikuti festival, terdapat 21% yang telah berhasil melakukan ekspor.

Ronald Walla menekankan bahwa di tengah perkembangan yang terus berubah, APINDO percaya bahwa UMKM adalah motor utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

“Festival ini tidak hanya menjadi ajang untuk mendemonstrasikan beragam produk dan kreativitas UMKM yang luar biasa, tetapi juga menawarkan peluang bisnis yang sangat berharga.

Dalam semangat inklusi, kami juga menyelenggarakan business matching yang akan menghubungkan para investor dengan UMKM unggulan.

Kami berharap melalui pertemuan ini, para pengusaha kecil dan menengah dapat mendapatkan dukungan modal dan pengembangan yang mereka butuhkan untuk merubah wirausaha mereka menjadi bisnis yang sukses,” papar Ronald.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Ketua Umum APINDO, Shinta W. Kamdani, yang menyebut APINDO UMKM Merdeka Festival sebagai salah satu dari empat program APINDO yang bertujuan untuk menciptakan pertumbuhan inklusif.

“Pemberdayaan sektor UMKM melalui APINDO UMKM Merdeka Festival dapat menciptakan pertumbuhan inklusif, di mana UMKM berkontribusi sebesar 61,9% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap 97% tenaga kerja,” terangnya.

Shinta menambahkan, meskipun UMKM memiliki peran penting dalam ekonomi, tetapi masih banyak tantangan dan kendala yang harus diatasi, seperti akses pembiayaan, pemasaran, daya saing yang minim, dan penguasaan digitalisasi dalam bisnis, serta produktivitas usaha.

Maka dari itu, peningkatan kesempatan kerja melalui pemberdayaan ekosistem UMKM menjadi hal krusial yang perlu menjadi perhatian semua pihak di dunia usaha.

APINDO UMKM Merdeka Festival menawarkan beragam rangkaian kegiatan menarik, termasuk SME’s Talk, SME’s Lab, Tenant Presentation, ShopME, The SME Hustle, Music Performance, SME Consultant & Membership.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Selain itu, acara tersebut juga akan memberikan penghargaan bagi UMKM yang telah mencatatkan prestasi dan kontribusi luar biasa dalam bisnis mereka.

Dengan demikian, festival ini diharapkan dapat menjadi ajang yang berharga bagi UMKM Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya dan meraih kesuksesan yang lebih besar di pasar global.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Berita Terkait

Doremindo Agency (DO’A) Tetap Setia Melayani Jasa Pasang Iklan di Koran dan Media Cetak
BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR: Jalan Sukses bagi 500 Pelaku UMKM Terpilih
PT Timah Tbk Kucurkan Dana Rp2 Miliar untuk Bantu Modal Mitra UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Kredit Usaha Menengan Kecil dan Mikro BRI Terus Tumbuh hingga Capai Rp989,6 Triliun
Dukung UMKM Naik Kelas dengan Sertifikasi TKDN, BRI Gandeng Dekranas dan Kementerian BUMN
BUMN dan Himpunan Bank Milik Negara Fokus pada Pembiayaan, Erick Thohir: Dorong UMKM Go Global
Sejumlah UMKM Binaan PT Pertamina Ikut Serta dalam Ajang Pameran Interior dan Craft 2023
Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina Harap Holding BUMN Ultra Mikro Lebih Agresif
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Sabtu, 6 April 2024 - 06:22 WIB

Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia Luncurkan Program GarudaMiles Diaspora Indonesia di Hong Kong

Kamis, 4 April 2024 - 13:23 WIB

Terbesar di Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika Utara, Produksi Amonia PT Pupuk 2024 Capai 14 Juta Ton

Kamis, 4 April 2024 - 11:02 WIB

PT Waskita Karya Tbk dan PT Waskita Toll Road Tinjau Lokasi untuk Penanganan Tol Bocimi Longsor

Jumat, 1 Maret 2024 - 08:23 WIB

Di CNBC Indonesia Economic Outlook 2024, ID Food Ungkap Strategi Atasi Lonjakan Permintaan Daging

Sabtu, 2 Desember 2023 - 22:32 WIB

Indonesia Persembahkan Prestasi Terbaiknya di WorldSkills Asia Competition

Jumat, 24 November 2023 - 06:46 WIB

Forum Humas BUMN Resmi Memilih Corporate Secretary BRI Hendy Bernadi Menjadi Ketua Umum

Senin, 31 Juli 2023 - 08:29 WIB

Terkait Masalah Penyelesaian Kreditur Istaka Karya, Kementerian BUMN Siapkan Solusi Terbaik

Kamis, 20 Juli 2023 - 10:28 WIB

Bagya Mulyanto: BUMN, Bahan Pangan, dan Ibadah Besar yang Membahagiakan

Berita Terbaru